ZEGEN ARTICLE
RECENT ARTICLE

Makanan Untuk Kesehatan Kulit
Senin, 15 Agustus 2016

 

Makanan Untuk Kesehatan Kulit

INGIN KULIT KINCLONG ? MAKANAN BERIKUT HARUS ANDA KONSUMSI
Jika anda ingin mendapatkan kulit yang sehat, salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi secara teratur. Walaupun tersedia beraneka ragam makanan sehat di bumi ini, namun ada beberapa makanan tertentu yang secara optimal bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini tentunya sangat baik jika makanan-makanan ini selalu dilibatkan dalam menu harian anda. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Anti Oksidan

Antioksidan merupakan ‘pemangsa’ radikal bebas sekaligus pelindung kulit. Karena, antioksidan membatasi dan memperbaiki kerusakan sel kulit yang terjadi sebagai akibat dari paparan sinar ultraviolet, juga faktor-faktor eksternal lain yang bisa merusak kulit, misalnya nikotin dan alkohol. Sinar ultraviolet (terutama UV B) dan nikotin dapat merusak struktur kolagen dan elastin yang ada pada lapisan kulit bawah (dermis). Salah satu efek yang paling terlihat dari antioksidan adalah kemampuannya dalam merangsang produksi kolagen yang merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit. Manfaat lain antioksidan terhadap kulit diantaranya :

  • Anti radang (kunyit, kayumanis, cengkeh, tehhijau, glutathione)
  • Skin firming (vitamin C, coenzyme Q10, glutathione)
  • Mengurangi kerut (vitamin C, vitamin E, kunyit, tomat, alpukat, mentimun, sayuran hijau)
  • Menyamarkan bekas luka (bawang Bombay, mentimun, tehhijau, pare, lidah buaya)

2. Buah-buahan

Selain kaya antioksidan, buah-buahan mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit. Beberapa buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang cenderung berwarna cerah seperti oranye, kuning, dan merah. Anda bisa memilih apel, jeruk, tomat, nanas, alpukat, dan beri. Buah-buahan seperti ini umumnya mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, di mana sangat berguna untuk melawan radikal bebas. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan kulit sekaligus mencegah penuaan dini.

 

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam hal ini adalah meliputi bayam, daun pepaya, kale, selada, kangkung, sawi, kubis, dan sayuran hijau lainnya. Dalam sayuran hijau, terkandung zat gizi yang bermanfaat bagi kulit seperti asam lemak omega-3 serta vitamin B, C, dan E. Selain itu, kadar antioksidan yang terkandung di dalamnya (khususnya bayam) diketahui lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Seperti yang telah diketahui bahwa antioksidan memiliki peran dalam melindungi serta mengurangi efek kerusakan kulit yang timbul akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

 

4. Biji-bijian dan Serealia

Dua jenis makanan ini diketahui mengandung zat gizi seperti selenium yang juga mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan silica, suatu mineral yang diperlukan dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Beberapa contoh biji-bijian yang dimaksud adalah biji labu, flax seeds (biji rami), chia seeds, wijen, dan biji bunga matahari. Selain itu ada juga makanan serealia seperti oatmeal, gandum, quinoa, beras merah, danbarley (jelai).

 

5. Ikan dan produk laut

Hewan-hewan laut seperti udang, cumi, lobster, gurita, tiram, serta ikan seperti salmon, tuna, kakap dan jenis ikan lainnya mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini sangat baik untuk menjaga lapisan kulit agar tetap utuh serta mempertahanka nkelembabannya. Produklaut lain sebagai sumber asam lemak omega-3 adalah klorella. Mineral penting untuk kulit yang juga terdapat pada produk laut yait uzinc (seng) yang berperan membantu regenerasi kulit, mengontrol peradangan, mengontrol produksi minyak dan hormon serta mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas. Zinc terdapat pada tiram, klorella, serta spirulina.

 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari, kacang polong, macadamia, kacang mete, kacang brazil mengandung nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin E, selenium, dan asam lemak esensial yang dapat menjaga kesehatan kulit serta mengatasi kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari.



Selain jenis-jenis makanan yang telah disebutkan, minum air juga termasuk salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit anda. Dalam 24 jam, kebutuhan air minumkita (air putih) sebanyak 0,03 dikalikan berat badan kita. Kebutuhan tubuh terhadap air yang tercukupi dengan baik akan membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik pula, sehingga kelembaban kulit ikut terjaga yang pada akhirnya membantu mengurangi keriput dan penampakan garis halus. Air diketahui juga membantu penyerapan nutrisi dari makanan jadi lebih mudah, serta melancarkan sirkulasi darah kulit.