ZEGEN ARTICLE
RECENT ARTICLE

Cara Mengontrol Asam Urat
Senin, 12 September 2016

 

CARA SEDERHANA MENGONTROL ASAM URAT

Penyakit asam urat (Gout) terjadi karena konsumsi zat purin yang berlebihan. Purin diolah di dalam tubuh menjadi asam urat, namun apabila kadarnya berlebihan, ginjal tidak mampu mengeluarkannya melalui urin. Hal ini pada akhirnya membuat asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya,bagian sendipun akan terasa nyeri, meradang, dan kemudian bengkak. Oleh sebab itu, kita harus pintar-pintar mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh kita.

Tips sederhana mengendalikan kadar asam urat Untuk mengontrol kadar asam urat sebenarnya tidak terlalu sulit, dan hal itu bisa dimulai dari perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Ada beberapa tips sederhana untuk mengontrol asam urat dalam tubuh, beberapa diantaranya adalah :

  • Mengkonsumsi banyak serat
    Menurut sejumlah penelitian, makanan kaya serat dapat mengendalikan asam urat di dalam tubuh. Buah dan sayuran mengandung sejumlah serat yang dapat mengendalikan kadar gula yang merupakan salah satu faktor pemicu tingginya kadar asam urat, membantu metabolisme purin dalam dalam pembuluh darah, serta membantu proses pembersihan (detoksifikasi) sampah metabolisme dalam hati dan ginjal. Laki-laki membutuhkan 30 gr serat per hari, sedangkan wanita membutuhkan sekitar 25 gr serat per harinya. Jika kebutuhan serat kita kurang, maka tentu saja sisa metabolisme dalam tubuh akan sulit dikeluarkan. Suplementasi nutrisi tinggi serat dibutuhkan jika konsumsi buah dan/sayur dalam sehari sangat kurang.
  • Tambahkan minyak zaitun
    Dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak zaitun mengandung asam lemak yang lebih rendah. Oleh sebab itu, menambahkan minyak zaitun ke dalam menu masakan anda.
  • Hindari gula
    Kadar gula yang sangat tinggi dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh. Disamping itu, gula yang berlebih akan dikonversi menjadi Trigliserida, salah satu jenis lemak jahat yang bisa menyebabkan liver berlemak sekaligus menyumbat pembuluh darah yang nantinya tentu saja dapat mengganggu proses detoksifikasi. Oleh karena itu, hindari atau kurangilah asupan gula putih dan gantilah dengan gula aren, gula merah, madu atau stevia sebagai pemanis makanan dan minuman anda.
  • Perbanyak minum air putih
    Asam urat akan keluar dengan mudahnya melalui urin apabila anda meningkatkan konsumsi air putih. Pastikan kebutuhan cairan harian anda terpenuhi dengan baik. Air putih adalah minuman terbaik bagi tubuh.
  • Tingkatkan asupan vitamin C
    Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang dapat mengendalikan asam urat di dalam tubuh anda. Mengonsumsi setidaknya 500 miligram vitamin C secara rutin setiap hari dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan meminimalkan risiko penyakit asam urat.